Skip to main content

Pohon Kehidupan Yang Dicari Manusia Dari Dahulu Sampai Sekarang

Pohon kehidupan yang sering kita lihat dalam bentuk simbol, gambar atau sastra. Simbol ini banyak ditemukan dalam berbagai tradisi dan agama sejak periode kuno. Diantaranya seni dan arsitektur, sastra, dan kitab suci. Bahkan simbolis ini telah lama digunakan untuk menghubungkan dirinya dengan alam luar. Misteri pohon kehidupan sampai hari ini masih misterius, dan ternyata juga ditemukan hampir di semua agama, termasuk Hindu, Buddha, Yahudi, Kristen dan Islam.

Pohon Kehidupan
Arabischer Mosaizist um 735, Wikimedia Commons
Pada dasarnya pohon tumbuh vertikal melawan gravitasi bumi, cabangnya berkembang secara horizontal yang menciptakan perlindungan dari teriknya matahari dan hujan. Melalui simbolis ini, manusia melihat bagaimana Allah menciptakan struktur yang tak terbatas, alam semesta yang masih misterius tak terjangkau akal pikir manusia. Ribuan tahun lalu bangsa Nordik Skandinavia meyakini Yggdrasil sebagai simbol pohon yang menghubungkan antara dua dunia. Pohon ini dianggap sebagai tempat roh jahat, hubungan batin dan mengisyaratkan jembatan menuju ke surga.

Legenda Pohon Kehidupan

Legenda penduduk pribumi Guyana dan Bolivia menceritakan, ada seekor hewan penjaga pohon ajaib yang bisa memberi makanan diseluruh makhluk yang hidup di Bumi. Hewan ini sekuat tenaga menjaganya agar tidak ditemukan manusia, tapi akhirnya manusia menemukannya. Kemudian pohon ini ditebang, dicincang, sehingga seluruh Bumi dipenuhi tanaman pangan.


Mitos-mitos dari berbagai belahan bumi juga banyak menceritakan hal yang sama. Diantaranya Damaraland di Afrika, dikisahkan spesies tertentu tercipta dari pohon suci, sehingga dianggap sebagai nenek moyang manusia dan hewan. Di Fenisia, pohon dianggap sebagai tiang alam semesta. Di Tibet menceritakan akar pohon berada di dunia bawah, batangnya di permukaan bumi dan cabangnya berada di surga. Di Jepang dan Rusia menceritakan pohon besi yang menyanggah alam semesta.

Baca juga: Nebukadnezar, Raja Gila Yang Menghancurkan Kota Yerusalem

Naskah Akkadia yang ditulis sekitar tahun 3500 SM, menceritakan sebuah pohon hijau yang tangkainya menutupi tempat suci. Akarnya berupa kristal putih tumbuh dari pusat bumi, sementara daun dijadikan pembaringan ibu penguasa langit. Pohon ini juga diceritakan dalam kisah epik Gilgamesh yang mencari tanaman ajaib untuk menyembuhkan orang sakit dan menghidupkan orang mati. Dia melihat pohon yang indah, cabangnya berkilauan dan buahnya mirip batu mulia.

Pohon Kehidupan Dalam Agama

Dalam relief sejarah kuno, raja Asyur digambarkan sedang berdiri di samping sebuah pohon, sementara makhluk lainnya memetik daun dan memberikannya kepada raja. Begitu pula relief Firaun digambarkan sedang berdiri di sebuah pohon dengan makhluk lain. Simbolis ini mengisyaratkan bahwa pohon adalah tempat perlindungan dan kekekalan.

Ayat-ayat tentang pohon kehidupan bisa ditemukan dalam kitab suci agama-agama di dunia ini. Diantaranya tertulis dalam Kitab Kejadian, Henokh, Kitab Amsal, Taurat, dan bahkan teks Hindu Upanisad dan kisah Pohon Bodhi sebagai tempat duduk Buddha mencapai pencerahan. Kemudian ajaran Zoroaster menjelaskan cabang yang sujud dalam ayat-ayat Zend Avesta.

Baca juga: Sejarah Kerajaan Babilonia Kuno Bukan Didirikan Namrud

Dalam literatur Islam, pohon juga diceritakan dalam kitab suci dan sastra. Menurut al-Ghazali yang mengupas tentang Sirathal Mustaqim, jalan yang lurus atau 'jalan bagi orang yang jujur' yang disebutkan dalam surat Al-Fatihah. Ayat ini mengisyaratkan perjalanan jiwa menuju ke atas yang juga dinyatakan dengan keyakinan dan amalan tertentu. Ada beberapa pohon yang diceritakan dalam Al-Qur'an diantaranya pohon Zaqqum, pohon yang berada di batas Sidratul Muntaha.

Pohon pengetahuan yang berhubungan dengan ilmu, pohon kekekalan di taman surga atau Syajarati al-Khulud, dan pohon pelita atau zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur dan tidak pula di sebelah barat. Tetapi pohon Kehidupan yang dimaksud bukan pohon kekekalan terlarang seperti dalam kisah Adam Hawa, dan pohon ini juga tidak sama dengan pohon Bidara yang berada di ujung batas Sidratul Muntaha.

Pohon Pengetahuan atau pohon ilmu tidak disebutkan namanya dalam Al-Qur'an atau hadis. Tetapi dalam sastra dan filosofi justru menceritakan tentang Pohon Pengetahuan dan Pohon Kehidupan. Termasuk dalam sastra Rumi yang mengatakan kedua pohon itu sebagai karakteristik Pohon Dunia. Kemudian dalam buku karya Abu Bakr Siraj ad-Din disebutkan:
Ditengah surga tidak hanya terdapat air mancur, tetapi juga pohon Keabadian yang berada di kaki arus air mancur. Dan itu digambarkan sebagai Pohon Batin yang tumbuh di Taman Hati. Setelah mereka puas minum air mancur dan memakan buah pohonnya, mereka akan memperoleh kebijaksanaan Mata Hati.

Baca juga: Kisah Raja Namrud Menikahi Ibu Kandungnya, Semiramis

Pohon juga diceritakan Ibn 'Arabi dalam sastra al-Futihat al-Makkiya. Di surga, ada pohon yang akarnya berada ditempat tinggal nabi dan cabangnya melindungi semua rumah-rumah surga. Tidak tempat tinggal yang tidak memiliki salah satu cabangnya. Setiap cabang terdapat spesies buah yang sudah ada di dunia. Dan setiap bunga yang ada di dunia ini, ada di cabang itu, bahkan lebih banyak dan lebih indah dibandingkan yang pernah ada di dunia, dan lebih merata bunganya. Dan pohon ini berbuah anggur, setiap cabang panjangnya melebihi perjalanan sebulan, dan setiap buah anggur ukurannya besar, kulitnya seperti berisi air. Setiap orang yang diberkati mempunyai cabang sendiri dengan nama tertulis di atasnya.

Referensi

  1. The Book of Certainty: The Sufi Doctrine of Faith, Vision and Gnosis. By Abu Bakr Siraj ad-Din, Martin Lings, Reissue 1996
  2. The Book of Certainty, By Abu Bakr Siraj ad-Din

Popular posts from this blog

Dongeng Putri Salju Diangkat Dari Kisah Nyata Raja Phillip IV

Kisah putri salju atau Snow White sebenarnya tidak asli, tetapi sudah dicampur dari beberapa versi dongeng. Salah satu versi yang terkenal adalah Snowdrop yang kemudian ceritanya dikembangkan menjadi lebih menarik, dan diadaptasi oleh Disney. Dan cerita ini kabarnya diangkat dari kisah anak Raja Phillip IV of Waldeck ditahun 1533. Franz Jüttner Schneewittchen, Wikimedia Commons Pada tahun 1937, Walt Disney Productions merilis film fantasi musikal berdasarkan kisah Snowdrop. Cerita ini kemudian dirubah, kisahnya menjadi lebih disukai anak-anak. Nama putri ini diganti menjadi Snow White, sejak saat itu popularitas kisah ini menjadi bagian dari budaya hiburan populer. Dongeng ini beberapa kali diangkat ke layar lebar untuk menghibur anak-anak dan dewasa. Padahal kisah aslinya tidak menarik, oleh sebab itu penulisnya menggabungkan beberapa dongeng menjadi satu. Apa saja dongeng-dongeng yang digabungkan kedalam kisah Snow White ini? Dongeng Asli Putri Salju Salah satunya adalah k

Kisah Aladdin Berasal Dari China, Bukan 1001 Malam

Kisah Aladdin malam ternyata memiliki misteri yang luar biasa, dimana kisah didalamnya tidak sama dengan dokumen asli papirus Arab dari Mesir abad ke-8 M. Dongeng Aladdin yang kita saksikan versi Disney saat ini menggambarkan sosok bernuansa Arab. Tetapi fakta sejarah menjelaskan bahwa Aladdin, Ali Baba, dan Sinbad, tidak ada dalam kisah asli berbahasa Arab.  Menurut Arafat A Razzaque, seorang kandidat PhD sejarah dan budaya Timur Tengah di Universitas Harvard. Ada sebuah buku Persia yang tidak terkenal disebut Hazar Afsana atau 'A Thousand Stories' berasal dari teks Pali dan Sanskerta India kuno. Dan satu lagi, kisah yang sama dalam teks Cina Tripiá¹­aka abad ketiga. Darimana sebenarnya dongeng Aladdin ini? Dan sejak kapan kisah 1001 Malam diubah orientalis barat? Pada awalnya kisah asli ini ditulis dalam bahasa Arab berjudul Alf layla, pertama kali dicetak di India. Buku ini dikenal sebagai "Calcutta I" edisi tahun 1814-18, yang dikisahkan oleh Syaikh Aḥ

Tradisi Sunat Yahudi, Ibrahim, Dan Sejarah Khitan Sejak Mesir Kuno

Sunat atau khitanan merupakan tradisi yang dilakukan kaum laki-laki untuk umat islam, dan tradisi sunat Yahudi . Tetapi, tahukah Anda, tradisi memotong kulup atau preputium sudah dilakukan sejak zaman Mesir kuno. Tradisi ini juga dilakukan oleh orang-orang Afrika, Pasifik, dan tentunya Yudaisme. Ada banyak pendapat tentang asal mula praktik khitanan. Sejarawan memperkirakan tradisi ini berawal dari Mesir kuno. Tetapi sebagian berpendapat, bahwa khitanan sudah dilakukan jauh sebelum memasuki periode Mesir kuno, oleh penduduk Arab selatan dan Afrika. Faktanya, selama ribuan tahun, sunat digunakan sebagai ritual keagamaan, ritual peralihan usia menuju dewasa. Bahkan juga digunakan sebagai bentuk hukuman di masa peperangan. Tradisi Sunat Yahudi Dan Ibrahim Tradisi sunat Yahudi sudah dipraktikkan di beberapa wilayah Afrika, Oceania, Yudaisme, dan tentunya Islam. Pada zaman Mesir kuno dan budaya di Afrika, pemotongan pada sebagian kulit. Sementara di kepulauan Pasifik, fren

Misteri Bumi Diatas Kura-Kura Raksasa, Mitologi Dunia

Kisah ini sering kita dengar sebagai dongeng atau mitos yang rasanya tidak mungkin terjadi. Tetapi fakta sejarah priode klasik dari naskah relief disebutkan bahwa gunung dan pulau-pulau mengapung. Menurut mereka, misteri Bumi diatas kura-kura raksasa, dimana mitologi ini tertulis di artefak Amerika, India, Cina, dan Jepang. Dalam mitos, kura-kura adalah simbol kebijaksanaan dan pengetahuan, dan mampu mempertahankan diri sendiri. Hewan ini melambangkan air, bulan, bumi, waktu, keabadian, dan kesuburan. Banyak keyakinan bahwa kura-kura menopang beban seluruh dunia, sebagai simbol ketabahan, ketenangan dalam agama, mitologi, dan cerita rakyat dari seluruh dunia.  Misteri Bumi Diatas Kura-Kura Raksasa Legenda ini tertulis dalam literatur Hindu, diambil dari kisah Pengadukan Samudra Bima dimana para dewa bergejolak di Samudera Bima untuk memperebutkan air suci yang bisa membuat hidup abadi. Wisnu, merubah bentuknya menjadi kura-kura raksasa yang disebut Awatar Kurma di tengah-ten

Kota Di Balik Tembok Es Antartika, Rainbow City

Rainbow City disebutkan dalam salinan naskah Hefferlin yang diketik dan ditulis dengan tangan telah beredar di Livingston, Montana di akhir tahun 1940-an. Hefferlin pertama kali mendengar kota di balik tembok es Antartika pada tahun 1940, sehingga informasi ini dianggap sangat fantastis dan sempat menjadi keyakinan.  Hefferlin mengklaim telah merancang sebuah pesawat lingkaran bersayap atau lebih mirip kuali penggoreng ditahun itu. Hefferlin menuduh Ray Palmer salah menafsirkan untuk tujuan sendiri, mengatakan semua ini terkait UFO. Bagian pertama 30 halaman memberikan deskripsi Rainbow City, bagian lain menjelaskan okultisme dari Kitab Imri filosofi Rani Khatani, memuat sejarah Umat manusia yang mencakup deskripsi konflik abadi dengan Race Ular dan mengacu pada Raja Dunia. Hefferlin juga menjelaskan pembangkit listrik radikal yaitu motor GHYT. Dia mempelajari bukti budaya peradaban kuno yang ditemukan dalam catatan berusia 2 juta tahun, sebuah kota menggunakan plastik unt

Lawrence of Arabia, Mata-Mata Inggris Yang Mendalangi Pemberontakan Arab

Lawrence of Arabia adalah intelijen Inggris yang berhasil menghancurkan kekuasaan Ottoman di tanah Arab melalui pemberontakan. Nama aslinya Kolonel Thomas Edward Lawrence, seorang arkeolog, perwira, diplomat, dan penulis asal Inggris. Lawrence dikenal dunia karena perannya dalam Pemberontakan Arab, Sinai dan Palestina, melawan Kekaisaran Ottoman selama Perang Dunia Pertama. Feisal party at Versailles Conference , Wikimedia Commons Sebagai intelijen Inggris, kegiatan dan asosiasinya sangat beragam masuk kedalam elemen sosial. Kemampuannya menggambarkan situasi sangat jelas dalam tulisannya, hingga dikenal dunia sebagai Lawrence of Arabia. Karena kesuksesannya ini, kisahnya diangkat ke layar lebar pada tahun 1962. Lawrence of Arabia Latar belakang Lawrence berasal dari keluarga yang moralnya rusak, dia adalah anak yang lahir di luar nikah. Ayahnya seorang tuan tanah Anglo-Irlandia, Thomas Chapman, saat itu dia memperkerjakan seorang pengasuh untuk menjaga anak perempuannya. Pen

Evolusi Tinggi Badan Manusia Tidak Terbukti, Ini Penjelasannya

Tinggi badan manusia zaman dahulu atau lebih 1000 tahun lalu hingga sekarang tidak berubah. Ini dibuktikan dari kerangka mumi yang ditemukan sejak zaman Firaun hingga yang tertua kerangka dari Amerika. Bukti arkologis ini juga membuktikan bahwa evolusi tinggi badan manusia tidak terbukti, manusia tidak menyusut atau berubah. Tuts Tomb Opened, Wikimedia Commons Setidaknya ada 10 mumi yang kini berada di museum beberapa negara. Yang pertama mumi Ramses II, dalam sejarah Mesir Kuno dia dikenal sebagai firaun yang kuat dan paling terkenal dari Dinasti ke-19. Firaun ini memerintah dari tahun 1279-1213 SM, mumi ini ditemukan tahun 1881 dengan ciri fisik hidung bengkok dan tinggi kerangka sekitar 170 cm. Evolusi Tinggi Badan Manusia Selanjutnya Raja Tutankhamun atau King Tut, temuan ini adalah salah satu mumi berusia 3300 tahun. Dia adalah firaun ke-13 dari Dinasti ke-18 Kerajaan Baru Mesir, memerintah sekitar tahun 1355-1346 SM. Mumi ini ditemukan tahun 1922, tinggi kerangka ini 5

Kisah Ribuan Selir Kaisar Dinasti Ming Disiksa Dan Dihukum Masal

Inilah kisah selir kaisar dinasti Ming yang tewas karena dihukum. Tradisi pada waktu itu sangat ketat untuk menjaga nama baik kaisar, sehingga semua wanita harus tunduk dengan aturannya. Ada banyak kisah menyedihkan dibalik kota terlarang atau Forbidden City yang menyimpan ribuan selir. Dibalik tembok ini banyak kejadian menyedihkan para selir, bahkan pernah terjadi pembantaian masal oleh salah satu kaisar di zamannya. Frühlingsmorgen im Han-Palast , Wikimedia Commons Dinasti Ming merupakan salah satu pemerintahan sukses dalam sejarah, kejayaan ini sejak tahun 1368-1644. Di tahun-tahun ini mereka menjadi dinasti adikuasa yang terkenal dengan ekspedisi laut menyaingi Christopher Columbus. Di zaman ini Ming sudah mencetak buku yang pada waktu itu mesin cetak belum ada di Eropa. Ada banyak gebrakan semenjak dinasti Ming menjelajah dunia, tetapi dibalik itu juga tersimpan kisah kelam di Kota Terlarang, Forbidden City. Kisah Ribuan Selir Kaisar Kaisar Ming pada waktu itu pernah m

Cerita Nabi Isa Disalib Atas Permintaan Salome Kepada Herodes

Dalam cerita nabi Isa disalib , melibatkan Herodias dan Salome, dua sosok wanita ibu dan anak yang terkenal diawal abad Masehi. Namanya terkenal sampai hari ini karena telah memerintahkan eksekusi Yohanes Pembaptis, juga diduga telah menyarankan eksekusi terhadap nabi Isa. Keduanya adalah wanita cantik di zamannya, hingga membuat raja Herod Antipas ingin menjadikan salah satunya sebagai istri.  Herodes atau Herod Antipas adalah raja wilayah Galilea di bawah Kekaisaran Romawi. Dia telah memenjarakan John atau Yohanes Pembaptis karena menegurnya untuk menceraikan istri pertamanya, Phasaelis. Herod memilih untuk mengambil Herodias secara tidak sah, padahal wanita ini adalah istri saudaranya, Herod II. Dia juga ikut andil dalam eksekusi terhadap nabi Isa yang berada diwilayah kekuasannya. Cerita Nabi Isa Disalib Kisah Herodias dan Salome, dua wanita yang pernah disebut 'Power of Women' pada abad pertengahan. Kisah ini lebih banyak diangkat dari versi Alkitab dan