Skip to main content

Pulau Misterius Antillia Hilang Di Segitiga Bermuda

Sejak zaman klasik, kisah legenda pulau misterius Antillia di Samudra Atlantik menjadi sorotoan penjelajah. Diantaranya legenda Utopis tentang Kepulauan Fortunate atau 'Isles of the Blest' yang dinyanyikan Homer dan Horace. Penulis-penulis kuno seperti Plutarch, Strabo, Pliny the Elder dan Ptolemy, mengatakan tentang keberadaan pulau misterius, termasuk Kepulauan Canary. Di Abad Pertengahan, muncul kisah Immrama Irlandia, atau perjalanan laut misionaris Irlandia abad ke-6, diantaranya Saint Brendan dan Saint Malo. Immrama pertama kali dicatat pada awal abad ke-7 oleh para biarawan dan cendekiawan yang melarikan diri dari Benua Eropa. Mereka membawa pelajar Eropa Barat dan menjadi garda depan kristenisasi Eropa.


Kisah legendaris ini tampaknya memang ditemukan oleh beberapa penjelajah di zamannya. Ada banyak kisah serupa menceritakan adanya pulau misterius yang kemudian menghilang dari peta. Mulai dari kisah-kisah Yunani, Norse, Irlandia, Arab dan Iberia. Semua kisah mengarah pada suatu tempat di barat, yaitu pulau-pulau Atlantik. Orang-orang di semenanjung Iberia yang paling dekat dengan pulau-pulau Atlantik diantaranya Madeira dan Azores. Para pelaut dan nelayan telah melihat dan bahkan mengunjungi pulau ini dan menceritakan kisah mereka. Kemudian orang Arab Andalusia pada Abad Pertengahan juga menceritakan legenda pulau Atlantik, diantaranya navigator Khashkhash dari Cordoba yang ditulis oleh al-Masudi. Ada juga kisah abad ke-12 diceritakan oleh al-Idrisi tentang delapan pengembara Maghurin dari Lisbon.

Kisah Pulau Misterius Antillia selengkapnya bisa dilihat dalam video youtube berikut ini: https://youtu.be/v1LT5pYroUo



Pulau Misterius Antillia

Menurut sejarawan Abu al-Hasan Ali al-Mas'udi, Khashkhash Ibn Saeed Ibn Aswad pernah berlayar ke Samudra Atlantik dan menemukan daratan yang sebelumnya tidak dikenal Ard Majhulah. Catatan ini menceritakan perajalanan di lautan berkabut, dimana para petualang menembusnya dengan risiko dan beberapa orang kembali dengan selamat. Khashkhash berlayar dari Delba ke Samudra Atlantik pada tahun 889, dan kembali dengan muatan harta berharga yang sangat banyak. Sejarah mereka terkenal di kalangan masyarakat Andalusia.

Legenda Antillia muncul dari kisah Christian Iberia sejak abad ke-7 Masehi, selama penaklukan Muslim atas Hispania. Diceritakan tujuh uskup Kristen Visigothic Hispania dipimpin oleh Uskup Porto, berlayar ke Samudera Atlantik dengan membawa umat mereka. Perjalanan ini tak lain untuk melarikan diri dari penakluk bangsa Arab, hingga mereka menemukan sebuah pulau dan memutuskan untuk menetap di sana. Mereka membakar kapal-kapal sehingga memutuskan hubungan dengan tanah air yang telah didominasi oleh Muslim. Menurut kisah, para uskup ini mendirikan tujuh permukiman atau tujuh kota di pulau itu. Ketujuh kota itu diberi nama Aira, Antuab, Ansalli, Ansesseli, Ansodi, Ansolli, dan Con.

Baca juga: Krishna Butter Ball, Mentega Yang Berubah Jadi Batu Raksasa

Pada tahun 1492 Martin Behaim menuliskan, bahwa pulau Antillia disebut Pulau Tujuh Kota dihuni sejak tahun 734 oleh Uskup Agung Porto bersama enam uskup lainnya, dan beberapa rekan tertentu. Pria dan wanita melarikan diri dari Spanyol dengan ternak dan properti mereka. Pada tahun 1414, sebuah kapal Spanyol pernah berlayar sangat dekat dengan Pulau ini.

Pencarian Antillia Dan Tujuh Kota Emas

Sementara menurut peta Johannes Ruysch tahun 1507, disebutkan bahwa pulau Antilia ini pernah ditemukan oleh Portugis. Tetapi ketika dicari, pulau ini tidak bisa ditemukan. Orang-orang yang berada di pulau itu berbicara dalam bahasa Hispanik, dan diyakini telah melarikan diri ketika menghadapi invasi Hispania pada masa Raja Roderic, yang terakhir memerintah Hispania di era Goth. Ada 1 uskup agung dan 6 uskup lainnya, masing-masing mempunyai kotanya sendiri. Dan kota itu disebut pulau tujuh kota. Orang-orang yang tinggal disini hidup dengan cara yang paling Kristen, penuh dengan semua kekayaan abad ini.

Bukti dari Prasasti Ruysch disebutkan sejarawan Spanyol Pedro de Medina tahun 1548 menyebutkan, peta itu menggambarkan pulau dengan banyak pelabuhan dan sungai, terletak di garis lintang Selat Gibraltar. Para pelaut telah melihatnya dari kejauhan, tetapi menghilang ketika mereka mendekatinya.

Baca juga: Misteri Harta Karun Terbesar Dunia Di Kuil Padmanabhaswamy

Ada lagi bukti lain penemuan pulau misterius itu saat pembakaran kapal Ferdinand Columbus ditahun 1539. Kemudian laporan perjumpaan dengan penduduk pulau oleh awak kapal Portugis pada masa Henry sekitar tahun 1430. Antonio Galvao juga melaporkan bahwa ditahun 1447, kapal Portugis berada di pulau itu dan bertemu dengan penghuninya. Mereka telah melarikan diri ke sana di zaman Roderic, dan bertanya apakah orang Moor masih mendominasi Hispania.

Pulau ini disebutkan dalam surat kerajaan Raja Afonso V dari Portugal, tanggal 10 November 1475. Dia memerintahkan kesatria Fernao Teles mencari "Tujuh Kota dan pulau-pulau berpenduduk lainnya" yang mungkin ditemukan di Samudra Atlantik barat. Disebutkan lagi dalam surat kerajaan tertanggal 24 Juli 1486, yang dikeluarkan oleh Raja John II dari Portugal atas permintaan Fernao Dulmo yang memberi wewenang kepadanya untuk mencari dan menemukan pulau Tujuh Kota.

Baca juga: Misteri Kerajaan Ratu Saba Belum Terpecahkan

Menurut kisah ditahun 1490-an, pasir dipulau itu dipenuhi dengan perak. Pada abad ke-16, legenda Spanyol menceritakan Tujuh Kota Emas yang terkenal oleh para penjajah bayaran dengan nama Tujuh Kota Cibola. Mereka yang menemukan kota ini berubah menjadi sangat kaya, dan wilayah ini terletak di suatu tempat di Amerika.

Istilah Antillia berasal dari bahasa Portugis Ante-Ilha yang artinya pulau yang lain. Menurut kepercayaan bahwa pulau itu terletak berlawanan dari daratan Portugal, ukuran dan bentuknya adalah bayangan cermin Kerajaan Portugal sendiri. Ada beberapa pendapat yang mengatakan istilah "Ante-ilha sudah" lama digunakan, bisa jadi dengan kata "Aprositus" artinya "yang tidak dapat diakses", dan menurut Ptolemy termasuk salah satu "Fortunate Isles" atau "Kepulauan Beruntung".

Teori Alexander von Humboldt mengatakan bahwa nama itu berasal dari bahasa Arab al-Tin atau al-Tennyn, yang artinya "Naga". Menurutnya, legenda Arab kuno menceritakan tentang naga laut di tepi lautan dan sering digambarkan dalam bahasa Arab dalam peta kelautan. Pulau misterius itu mungkin dikenal sebagai Jezirat al Tennyn atau "Pulau Naga" dalam legenda Arab Andalusia.

Referensi

  • Other routes: 1500 years of African and Asian travel writing. By Tabish Khair, 2006.
  • Venice and the Islamic world, 828-1797. By Stefano Carboni, 2007.
  • Tales of the Enchanted Islands of the Atlantic. By Thomas Wentworth Higginson, 1899.
  • Examen critique. By Alexander von Humboldt, 1837.

Popular posts from this blog

Dongeng Putri Salju Diangkat Dari Kisah Nyata Raja Phillip IV

Kisah putri salju atau Snow White sebenarnya tidak asli, tetapi sudah dicampur dari beberapa versi dongeng. Salah satu versi yang terkenal adalah Snowdrop yang kemudian ceritanya dikembangkan menjadi lebih menarik, dan diadaptasi oleh Disney. Dan cerita ini kabarnya diangkat dari kisah anak Raja Phillip IV of Waldeck ditahun 1533. Franz Jüttner Schneewittchen, Wikimedia Commons Pada tahun 1937, Walt Disney Productions merilis film fantasi musikal berdasarkan kisah Snowdrop. Cerita ini kemudian dirubah, kisahnya menjadi lebih disukai anak-anak. Nama putri ini diganti menjadi Snow White, sejak saat itu popularitas kisah ini menjadi bagian dari budaya hiburan populer. Dongeng ini beberapa kali diangkat ke layar lebar untuk menghibur anak-anak dan dewasa. Padahal kisah aslinya tidak menarik, oleh sebab itu penulisnya menggabungkan beberapa dongeng menjadi satu. Apa saja dongeng-dongeng yang digabungkan kedalam kisah Snow White ini? Dongeng Asli Putri Salju Salah satunya adalah k

Misteri Bumi Diatas Kura-Kura Raksasa, Mitologi Dunia

Kisah ini sering kita dengar sebagai dongeng atau mitos yang rasanya tidak mungkin terjadi. Tetapi fakta sejarah priode klasik dari naskah relief disebutkan bahwa gunung dan pulau-pulau mengapung. Menurut mereka, misteri Bumi diatas kura-kura raksasa, dimana mitologi ini tertulis di artefak Amerika, India, Cina, dan Jepang. Dalam mitos, kura-kura adalah simbol kebijaksanaan dan pengetahuan, dan mampu mempertahankan diri sendiri. Hewan ini melambangkan air, bulan, bumi, waktu, keabadian, dan kesuburan. Banyak keyakinan bahwa kura-kura menopang beban seluruh dunia, sebagai simbol ketabahan, ketenangan dalam agama, mitologi, dan cerita rakyat dari seluruh dunia.  Misteri Bumi Diatas Kura-Kura Raksasa Legenda ini tertulis dalam literatur Hindu, diambil dari kisah Pengadukan Samudra Bima dimana para dewa bergejolak di Samudera Bima untuk memperebutkan air suci yang bisa membuat hidup abadi. Wisnu, merubah bentuknya menjadi kura-kura raksasa yang disebut Awatar Kurma di tengah-ten

Kota Di Balik Tembok Es Antartika, Rainbow City

Rainbow City disebutkan dalam salinan naskah Hefferlin yang diketik dan ditulis dengan tangan telah beredar di Livingston, Montana di akhir tahun 1940-an. Hefferlin pertama kali mendengar kota di balik tembok es Antartika pada tahun 1940, sehingga informasi ini dianggap sangat fantastis dan sempat menjadi keyakinan.  Hefferlin mengklaim telah merancang sebuah pesawat lingkaran bersayap atau lebih mirip kuali penggoreng ditahun itu. Hefferlin menuduh Ray Palmer salah menafsirkan untuk tujuan sendiri, mengatakan semua ini terkait UFO. Bagian pertama 30 halaman memberikan deskripsi Rainbow City, bagian lain menjelaskan okultisme dari Kitab Imri filosofi Rani Khatani, memuat sejarah Umat manusia yang mencakup deskripsi konflik abadi dengan Race Ular dan mengacu pada Raja Dunia. Hefferlin juga menjelaskan pembangkit listrik radikal yaitu motor GHYT. Dia mempelajari bukti budaya peradaban kuno yang ditemukan dalam catatan berusia 2 juta tahun, sebuah kota menggunakan plastik unt

Lawrence of Arabia, Mata-Mata Inggris Yang Mendalangi Pemberontakan Arab

Lawrence of Arabia adalah intelijen Inggris yang berhasil menghancurkan kekuasaan Ottoman di tanah Arab melalui pemberontakan. Nama aslinya Kolonel Thomas Edward Lawrence, seorang arkeolog, perwira, diplomat, dan penulis asal Inggris. Lawrence dikenal dunia karena perannya dalam Pemberontakan Arab, Sinai dan Palestina, melawan Kekaisaran Ottoman selama Perang Dunia Pertama. Feisal party at Versailles Conference , Wikimedia Commons Sebagai intelijen Inggris, kegiatan dan asosiasinya sangat beragam masuk kedalam elemen sosial. Kemampuannya menggambarkan situasi sangat jelas dalam tulisannya, hingga dikenal dunia sebagai Lawrence of Arabia. Karena kesuksesannya ini, kisahnya diangkat ke layar lebar pada tahun 1962. Lawrence of Arabia Latar belakang Lawrence berasal dari keluarga yang moralnya rusak, dia adalah anak yang lahir di luar nikah. Ayahnya seorang tuan tanah Anglo-Irlandia, Thomas Chapman, saat itu dia memperkerjakan seorang pengasuh untuk menjaga anak perempuannya. Pen

Tradisi Sunat Yahudi, Ibrahim, Dan Sejarah Khitan Sejak Mesir Kuno

Sunat atau khitanan merupakan tradisi yang dilakukan kaum laki-laki untuk umat islam, dan tradisi sunat Yahudi . Tetapi, tahukah Anda, tradisi memotong kulup atau preputium sudah dilakukan sejak zaman Mesir kuno. Tradisi ini juga dilakukan oleh orang-orang Afrika, Pasifik, dan tentunya Yudaisme. Ada banyak pendapat tentang asal mula praktik khitanan. Sejarawan memperkirakan tradisi ini berawal dari Mesir kuno. Tetapi sebagian berpendapat, bahwa khitanan sudah dilakukan jauh sebelum memasuki periode Mesir kuno, oleh penduduk Arab selatan dan Afrika. Faktanya, selama ribuan tahun, sunat digunakan sebagai ritual keagamaan, ritual peralihan usia menuju dewasa. Bahkan juga digunakan sebagai bentuk hukuman di masa peperangan. Tradisi Sunat Yahudi Dan Ibrahim Tradisi sunat Yahudi sudah dipraktikkan di beberapa wilayah Afrika, Oceania, Yudaisme, dan tentunya Islam. Pada zaman Mesir kuno dan budaya di Afrika, pemotongan pada sebagian kulit. Sementara di kepulauan Pasifik, fren

Kisah Aladdin Berasal Dari China, Bukan 1001 Malam

Kisah Aladdin malam ternyata memiliki misteri yang luar biasa, dimana kisah didalamnya tidak sama dengan dokumen asli papirus Arab dari Mesir abad ke-8 M. Dongeng Aladdin yang kita saksikan versi Disney saat ini menggambarkan sosok bernuansa Arab. Tetapi fakta sejarah menjelaskan bahwa Aladdin, Ali Baba, dan Sinbad, tidak ada dalam kisah asli berbahasa Arab.  Menurut Arafat A Razzaque, seorang kandidat PhD sejarah dan budaya Timur Tengah di Universitas Harvard. Ada sebuah buku Persia yang tidak terkenal disebut Hazar Afsana atau 'A Thousand Stories' berasal dari teks Pali dan Sanskerta India kuno. Dan satu lagi, kisah yang sama dalam teks Cina Tripiṭaka abad ketiga. Darimana sebenarnya dongeng Aladdin ini? Dan sejak kapan kisah 1001 Malam diubah orientalis barat? Pada awalnya kisah asli ini ditulis dalam bahasa Arab berjudul Alf layla, pertama kali dicetak di India. Buku ini dikenal sebagai "Calcutta I" edisi tahun 1814-18, yang dikisahkan oleh Syaikh Aḥ

Kisah Ribuan Selir Kaisar Dinasti Ming Disiksa Dan Dihukum Masal

Inilah kisah selir kaisar dinasti Ming yang tewas karena dihukum. Tradisi pada waktu itu sangat ketat untuk menjaga nama baik kaisar, sehingga semua wanita harus tunduk dengan aturannya. Ada banyak kisah menyedihkan dibalik kota terlarang atau Forbidden City yang menyimpan ribuan selir. Dibalik tembok ini banyak kejadian menyedihkan para selir, bahkan pernah terjadi pembantaian masal oleh salah satu kaisar di zamannya. Frühlingsmorgen im Han-Palast , Wikimedia Commons Dinasti Ming merupakan salah satu pemerintahan sukses dalam sejarah, kejayaan ini sejak tahun 1368-1644. Di tahun-tahun ini mereka menjadi dinasti adikuasa yang terkenal dengan ekspedisi laut menyaingi Christopher Columbus. Di zaman ini Ming sudah mencetak buku yang pada waktu itu mesin cetak belum ada di Eropa. Ada banyak gebrakan semenjak dinasti Ming menjelajah dunia, tetapi dibalik itu juga tersimpan kisah kelam di Kota Terlarang, Forbidden City. Kisah Ribuan Selir Kaisar Kaisar Ming pada waktu itu pernah m

Kisah Nabi Yahya Tidak Wafat Di Penggal

Kisah Nabi Yahya diceritakan sebagai seorang nabi yang mengumumkan kedatangan Isa, dan sebagai salah satu nabi yang ditemui Muhammad ketika Mi'raj ke tujuh langit. Disebutkan bahwa rasul bertemu dengan Yahya dan Isa di langit kedua dan menyapanya. Kisah nabi Yahya juga diceritakan kepada raja Abyssinian selama migrasi pengungsi Muslim ke Abyssinia. Dia adalah orang yang membawa kedamaian pada hari kelahirannya dan pada hari kematiannya.   Banyak orang meyakini bahwa Yahya adalah sosok yang sama dengan Yohanan Pembaptis yang tewas dipenggal oleh penguasa Yahudi. Kepalanya diawetkan dan disimpan, serta dianggap suci di Roma. Benarkah potongan tubuh ini milik nabi Yahya? Sejarah dan literatur bahasa membuktikan, bahwa Yahya tidak sama dengan Yohanan Pembaptis. Dan kisah eksekusi ini diadopsi dari Alkitab dan Yahudi. Kisah Nabi Yahya Di Palsukan Yahya bin Zakariyya hidup antara tahun 1 hingga 31 M. Menurut sejarah, dia hidup selama 30 tahun dan diangkat men

Kapal Misterius Yang Dikutuk Berlayar Selamanya Tanpa Berlabuh

Legenda tentang kapal misterius Flying Dutchman telah banyak menginspirasi penulis, seniman sampai perfilman. Legenda ini pertama kali populer setelah dikenalkan dalam opera Wagner 1843. Dan kini, kisah kapal hantu muncul dalam film seperti Pirates of the Caribbean, serial kartun SpongeBob Square Pants, dan Scooby-Doo. Menurut kisah, banyak yang mengaku telah melihat kapal hantu Kapten Hendrick van der Decken sejak kapalnya tenggelam pada tahun 1641. Dia dan krunya dikutuk berlayar di lautan hingga hari kiamat.  Sebelum kita melanjutkan mitos kapal hantu Flying Dutchman. Ikuti channel ini dengan cara mengklik tombol subscribe dibawah video, klik lonceng, like video ini dan bagikan ke teman-teman Anda di sosial media. Kapal Misterius Flying Dutchman Dalam mitos ini dikisahkan, kapten van der Decken melakukan perjalanan berbahaya dari Belanda ke Far East Indies untuk membeli barang-barang seperti rempah-rempah, sutra, dan pewarna. Mereka membeli dan memuat seluruh barang

Agharta, Dunia Bawah Tanah Dibangun Atlantis

Tradisi kuno meyakini keberadaan kisah alam bawah tanah yang saat ini disebut-sebut sebagai rongga Bumi. Ternyata legenda Agharta telah diceritakan berkaitan dengan kisah Yunani Hades, Nordic Svartalfheim, Yahudi Sheol, dan ada yang menganggapnya sebagai Neraka.  Yang paling terkenal tentang legenda ini berasal dari novel Jules Verne berjudul " Journey to the Center of the Earth ". Kisah ini ditulis pada tahun 1864, terinspirasi dari sebuah genre baru yang paling aneh. Novel ini menceritakan teori Bumi berongga dan kehidupan didalamnya. Legenda Kutub Utara juga dikisahkan seorang pelaut Norwegia bernama Olaf Jansen. Dimana sekoci Jansen berlayar melalui pintu masuk interior bumi di Kutub Utara. Selama bertahun-tahun, Jansen hidup bersama penduduk Agharta.  Legenda Agharta, Dari Amerika, Eropa Hingga Asia Ketika Isaac Newton mengusulkan hukum gravitasi, Edmund Halley, seorang astronom Inggris, menyatakan bahwa bumi terdiri dari bola konsentris yang disebut Kome