Skip to main content

Misteri Harta Karun Terbesar Dunia Di Kuil Padmanabhaswamy

Di dunia ada ternyata ada kuil yang menyimpan misteri harta karun terbesar yang tak ternilai harganya, terlebih emas. Uniknya, kuil ini menyimpan peninggalan pemimpin besar ataupun harta kerajaan kuno lain. Diantaranya tali emas, koin Napoleon, perhiasan Venesia, ikat pinggang berlian, zamrud sebesar telur burung unta, dan berbagai bentuk emas lainnya. Emas yang diuraikan ini hanya sebagian kecil dari harta karun yang disembunyikan didalam Kuil Padmanabhaswamy.

Misteri Harta Karun Terbesar Dunia

Kuil Padmanabhaswamy adalah kuil Hindu yang terletak di Thiruvananthapuram, Kerala, India. Kuil ini didedikasikan untuk Dewa Wisnu, yang digambarkan berada dalam keadaan bersandar pada tubuh ular berkepala lima, Adisheshan. Arsitekturnya merupakan perpaduan dari gaya Kerala lokal dan Darvidia yang biasa ditemukan di Tamil Nadu. Tetapi kuil ini terdapat sesuatu yang menarik, disana terdapat pintu tertutup misterius.

Misteri Harta Karun Terbesar Dunia

Tidak jelas kapan kuil ini pertama kali dibangun, referensi tertua tertulis dalam literatur Tamil kuno pada awal abad ke 6 Masehi. Dalam catatan seorang penyair abad ke-9 bernama Nammalwar menuliskan bahwa kuil dan kota itu dibangun dari tembok yang seluruhnya terbuat dari emas murni. Kemudian selama abad ke-18, kuil ini telah mengalami beberapa renovasi.

Untuk keperluan dokumentasi, ruangan rahasia ini telah dilabeli dengan nama Kallara atau Vault A, B, C, D, E, dan F. Selanjutnya ditemukan lagi, dua ruang kubah bawah tanah dengan nama Kallara G dan H. Ruang rahasia Kallara B belum dibuka selama berabad-abad. Mahkamah Agung menunjuk anggota komite membuka pintu logam ruangan ini dan menemukan pintu kayu kokoh di belakangnya. Mereka membuka pintu ini juga, dan menemukan pintu ketiga yang terbuat dari besi. Tetapi pintu terakhir di ruang B ternyata macet. Karena pengamat menganggapnya tidak pantas mendobraknya, mereka menyewa tukang kunci. Tetapi sebelum tukang kunci datang, keluarga kerajaan mendapat perintah dari Mahkamah Agung untuk tidak membuka pintu terakhir ruang B.

Baca juga: Pulau Misterius Antillia Hilang Di Segitiga Bermuda

Seluruh ruangan rahasia ini telah dibuka, hanya tinggal satu yaitu Kallara B. Selama beberapa tahun terakhir, ruangan-ruangan ini telah dibuka setidaknya delapan kali setiap tahun. Benda-benda yang disimpan di dalamnya secara rutin digunakan pada acara-acara seremonial khusus seperti festival kuil. Kemudian disimpan kembali setelah selesai digunakan. Berikut daftar harta yang tercatat:

  1. Patung Mahavishnu setinggi 1,2 m terbuat dari emas murni penuh dengan berlian dan batu mulia lainnya.
  2. Singgasana emas murni bertatahkan ratusan berlian dan batu mulia.
  3. Pakaian seremonial untuk menghiasi dewa dalam bentuk anki emas 16 bagian dengan berat hampir 30 kilogram.
  4. Rantai emas murni sepanjang 5,5 m
  5. Seikat emas murni dengan berat 500 kilogram
  6. Cadar emas 36 kilogram
  7. 1200 'Sarappalli' rantai koin emas murni bertatahkan batu permata dengan berat antara 3,5 kg dan 10,5 kg
  8. Beberapa karung berisi artefak emas, kalung, berlian, rubi, safir, zamrud, batu permata, dan benda-benda yang terbuat dari logam mulia lainnya
  9. Tempurung kelapa emas bertatahkan batu rubi dan zamrud
  10. Koin era Napoleon abad ke-18
  11. Ratusan ribu koin emas Kekaisaran Romawi
  12. Penumpukan koin emas 800 kilogram yang berasal dari sekitar tahun 200 SM
  13. Ratusan kursi emas murni, Ribuan pot emas, koin emas 600 kg dari periode abad pertengahan

Data itu diperoleh saat pembukaan pintu tahun 2011. Dan menurut sebuah laporan tahun 1930, ruang Kallara A,C,D,E,dan F disebutkan ruangan itu hampir penuh dengan tumpukan emas dan koin perak.

Misteri Harta Karun Terbesar Dunia selengkapnya bisa dilihat dalam video youtube berikut ini: https://youtu.be/nMx52eKqyiY



Darimana sumber harta berharga tak ternilai ini? Barang-barang berharga itu terakumulasi di kuil selama beberapa ribu tahun. Diantaranya disumbangkan ke kuil dan disimpan oleh berbagai Dinasti, seperti Cheras, Pandyas, Keluarga Kerajaan Travancore, Kolathiris, Pallavas, Chola dan Raja-raja lainnya dalam sejarah India Selatan. Selain itu ada pula simpanan dari para penguasa dan pedagang Mesopotamia, Yerusalem, Yunani, Roma, dan kekuatan kolonial Eropa. Dalam beberapa Teks Hindu yang masih ada, literatur Sangam menyebutkan harta ini sudah ada sejak tahun 500 SM, mereka menyebutnya "Kuil Emas" karena kekayaannya yang tak terbayangkan.

Baca juga: Krishna Butter Ball, Mentega Yang Berubah Jadi Batu Raksasa

Selain itu harta ini juga berasal dari emas yang ditambang dan didulang di sungai selama ribuan tahun. Wilayah Malabar sempat menjadi pusat perdagangan sejak Periode Sumeria, mulai dari Vizhinjam di Selatan hingga Mangalore di Utara. Saat invasi Mysore, keluarga kerajaan Kolathiris berlindung di Thiruvananthapuram dan menyimpannya kekayaannya di kuil itu. Harta-harta ratusan kuil di wilayah Kerala, dipindahkan ke kuil ini. Dari tahun 1766 hingga 1792, Travancore memberikan perlindungan kepada penguasa Hindu lainnya yang telah melarikan diri dari negara mereka di sepanjang Pantai Malabar. Mereka datang dengan barang berharga dan menyumbangkannya ke kuil itu.

Ada lebih dari 3000 ikat daun Cadjan berupa catatan Archaic Malayalam dan proto dravidian. Masing-masing bungkusan terdiri dari seratus ribu daun yang menjelaskan sumbangan emas dan batu-batu berharga untuk kuil selama ribuan tahun. Sebagian besar catatan ini belum dipelajari, artinya seluruh dunia pernah meletakkan harta berharga ditempat ini.

Misteri Ruang Rahasia Kallara B

Menurut legenda, ternyata untuk mengambil harta karun didalam ruang Vault B harus menantang maut. Kuil dibangun dengan pintu gerbang besi yang terkunci dan hanya bisa terbuka oleh orang tertentu. Ruangan yang ada pada candi ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan harta karun. Setidaknya ada 6 ruang serupa di kuil ini, tetapi 5 pintu sudah dibuka dan hanya tersisa satu. Pintu tertutup yang diduga menyimpan harta karun lebih besar dari ruangan lainnya. Tetapi sejauh ini tidak ada yang berani membuka ruangan itu. Menurut mitos, siapapun yang berani membuka ruangan itu akan mendapatkan bencana besar.

Baca juga: Fakta Spanyol Menjajah Amerika Sangat Mengerikan

Selama bertahun-tahun, banyak legenda yang menceritakan ruang misterius ini. Salah satunya menceritakan bahwa pintu besi itu disegel dengan mantra ajaib, akan terbuka melalui syair dengan gelombang suara tertentu, tetapi syair ini telah menghilang dan tak ada yang menemukannya. Dan hanya orang suci melantunkan syair ini yang mampu membuka pintu tersebut.

Menurut legenda, para Sage yang mengabdi kepada Dewa Balarama mengunjungi-Nya di tepi Padmateertham. Mereka memohon kepada-Nya agar mereka diizinkan tinggal disana untuk menyembah Tuhan. Balarama mengabulkan, dipercayai bahwa para Deva dan Sage ini tinggal di Kallara B. Mitosnya, Naga Devathas yang mengabdi kepada Tuhan juga tinggal disana. Kanjirottu Yakshi, Ugra Narasimha, mistisnya juga melindungi Kallara B. Ada gambar ular di Kallara B yang menunjukkan bahaya bagi siapa saja yang membukanya. Oleh sebab itu Kallara B sebagai "zona terlarang".

Baca juga: Sejarah Islam Di Spanyol Sejak Ratu Isabella Berkuasa

Pada tahun 1933, Emily Gilchrist Hatch menerbitkan sebuah buku berjudul 'Travancore: A Guide Book for the Visitor'. Dia menceritakan bahwa pada tahun 1931, sekelompok orang mencoba memasuki ruang rahasia itu dengan membawa obor. Tetapi ruangan itu dipenuhi kobra, dan mereka melarikan diri keluar dari ruangan. Banyak orang berusaha memasuki ruang rahasia ini karena mereka berspekulasi bahwa disana terdapat tumpukan harta karun tak ternilai. Kira-kira nilainya lebih dari 700 miliar dolar AS untuk satu ruangan. Tetapi ada pula sebagian orang yang meyakini, bahwa pintu itu tidak boleh dibuka agar dunia tidak dilanda bencana besar yang akan mengakhiri kehidupan.

Referensi

  • To Whom Does Temple Wealth Belong? A Historical Essay on Landed Property in Travancore. By Ganesh, Review of Agrarian Studies, 27 November 2015.
  • Travancore: A Guide Book for the Visitor. By Emily Gilchrist Hatch 1933.
  • The Secret Chamber: A Historical, Anthropological & Philosophical Study of the Kodungallur Temple. By Induchudan, 1969. 
  • The Golden Tower: A Historical Study of The Tirukkulasekharapuram and Other Temples. By Induchudan, 1969. 
  • A One Trillion Dollar Hidden Treasure Chamber is Discovered at India's Sree Padmanabhaswamy Temple. Jim Dobson, publish by Forbes Nov 13, 2015.

Popular posts from this blog

Kota Di Balik Tembok Es Antartika, Rainbow City

Rainbow City disebutkan dalam salinan naskah Hefferlin yang diketik dan ditulis dengan tangan telah beredar di Livingston, Montana di akhir tahun 1940-an. Hefferlin pertama kali mendengar kota di balik tembok es Antartika pada tahun 1940, sehingga informasi ini dianggap sangat fantastis dan sempat menjadi keyakinan.  Hefferlin mengklaim telah merancang sebuah pesawat lingkaran bersayap atau lebih mirip kuali penggoreng ditahun itu. Hefferlin menuduh Ray Palmer salah menafsirkan untuk tujuan sendiri, mengatakan semua ini terkait UFO. Bagian pertama 30 halaman memberikan deskripsi Rainbow City, bagian lain menjelaskan okultisme dari Kitab Imri filosofi Rani Khatani, memuat sejarah Umat manusia yang mencakup deskripsi konflik abadi dengan Race Ular dan mengacu pada Raja Dunia. Hefferlin juga menjelaskan pembangkit listrik radikal yaitu motor GHYT. Dia mempelajari bukti budaya peradaban kuno yang ditemukan dalam catatan berusia 2 juta tahun, sebuah kota menggunakan plastik unt

Agharta, Dunia Bawah Tanah Dibangun Atlantis

Tradisi kuno meyakini keberadaan kisah alam bawah tanah yang saat ini disebut-sebut sebagai rongga Bumi. Ternyata legenda Agharta telah diceritakan berkaitan dengan kisah Yunani Hades, Nordic Svartalfheim, Yahudi Sheol, dan ada yang menganggapnya sebagai Neraka.  Yang paling terkenal tentang legenda ini berasal dari novel Jules Verne berjudul " Journey to the Center of the Earth ". Kisah ini ditulis pada tahun 1864, terinspirasi dari sebuah genre baru yang paling aneh. Novel ini menceritakan teori Bumi berongga dan kehidupan didalamnya. Legenda Kutub Utara juga dikisahkan seorang pelaut Norwegia bernama Olaf Jansen. Dimana sekoci Jansen berlayar melalui pintu masuk interior bumi di Kutub Utara. Selama bertahun-tahun, Jansen hidup bersama penduduk Agharta.  Legenda Agharta, Dari Amerika, Eropa Hingga Asia Ketika Isaac Newton mengusulkan hukum gravitasi, Edmund Halley, seorang astronom Inggris, menyatakan bahwa bumi terdiri dari bola konsentris yang disebut Kome

Dongeng Putri Salju Diangkat Dari Kisah Nyata Raja Phillip IV

Kisah putri salju atau Snow White sebenarnya tidak asli, tetapi sudah dicampur dari beberapa versi dongeng. Salah satu versi yang terkenal adalah Snowdrop yang kemudian ceritanya dikembangkan menjadi lebih menarik, dan diadaptasi oleh Disney. Dan cerita ini kabarnya diangkat dari kisah anak Raja Phillip IV of Waldeck ditahun 1533. Franz Jüttner Schneewittchen, Wikimedia Commons Pada tahun 1937, Walt Disney Productions merilis film fantasi musikal berdasarkan kisah Snowdrop. Cerita ini kemudian dirubah, kisahnya menjadi lebih disukai anak-anak. Nama putri ini diganti menjadi Snow White, sejak saat itu popularitas kisah ini menjadi bagian dari budaya hiburan populer. Dongeng ini beberapa kali diangkat ke layar lebar untuk menghibur anak-anak dan dewasa. Padahal kisah aslinya tidak menarik, oleh sebab itu penulisnya menggabungkan beberapa dongeng menjadi satu. Apa saja dongeng-dongeng yang digabungkan kedalam kisah Snow White ini? Dongeng Asli Putri Salju Salah satunya adalah k

Tradisi Sunat Yahudi, Ibrahim, Dan Sejarah Khitan Sejak Mesir Kuno

Sunat atau khitanan merupakan tradisi yang dilakukan kaum laki-laki untuk umat islam, dan tradisi sunat Yahudi . Tetapi, tahukah Anda, tradisi memotong kulup atau preputium sudah dilakukan sejak zaman Mesir kuno. Tradisi ini juga dilakukan oleh orang-orang Afrika, Pasifik, dan tentunya Yudaisme. Ada banyak pendapat tentang asal mula praktik khitanan. Sejarawan memperkirakan tradisi ini berawal dari Mesir kuno. Tetapi sebagian berpendapat, bahwa khitanan sudah dilakukan jauh sebelum memasuki periode Mesir kuno, oleh penduduk Arab selatan dan Afrika. Faktanya, selama ribuan tahun, sunat digunakan sebagai ritual keagamaan, ritual peralihan usia menuju dewasa. Bahkan juga digunakan sebagai bentuk hukuman di masa peperangan. Tradisi Sunat Yahudi Dan Ibrahim Tradisi sunat Yahudi sudah dipraktikkan di beberapa wilayah Afrika, Oceania, Yudaisme, dan tentunya Islam. Pada zaman Mesir kuno dan budaya di Afrika, pemotongan pada sebagian kulit. Sementara di kepulauan Pasifik, fren

Misteri Bumi Diatas Kura-Kura Raksasa, Mitologi Dunia

Kisah ini sering kita dengar sebagai dongeng atau mitos yang rasanya tidak mungkin terjadi. Tetapi fakta sejarah priode klasik dari naskah relief disebutkan bahwa gunung dan pulau-pulau mengapung. Menurut mereka, misteri Bumi diatas kura-kura raksasa, dimana mitologi ini tertulis di artefak Amerika, India, Cina, dan Jepang. Dalam mitos, kura-kura adalah simbol kebijaksanaan dan pengetahuan, dan mampu mempertahankan diri sendiri. Hewan ini melambangkan air, bulan, bumi, waktu, keabadian, dan kesuburan. Banyak keyakinan bahwa kura-kura menopang beban seluruh dunia, sebagai simbol ketabahan, ketenangan dalam agama, mitologi, dan cerita rakyat dari seluruh dunia.  Misteri Bumi Diatas Kura-Kura Raksasa Legenda ini tertulis dalam literatur Hindu, diambil dari kisah Pengadukan Samudra Bima dimana para dewa bergejolak di Samudera Bima untuk memperebutkan air suci yang bisa membuat hidup abadi. Wisnu, merubah bentuknya menjadi kura-kura raksasa yang disebut Awatar Kurma di tengah-ten

Kisah Ribuan Selir Kaisar Dinasti Ming Disiksa Dan Dihukum Masal

Inilah kisah selir kaisar dinasti Ming yang tewas karena dihukum. Tradisi pada waktu itu sangat ketat untuk menjaga nama baik kaisar, sehingga semua wanita harus tunduk dengan aturannya. Ada banyak kisah menyedihkan dibalik kota terlarang atau Forbidden City yang menyimpan ribuan selir. Dibalik tembok ini banyak kejadian menyedihkan para selir, bahkan pernah terjadi pembantaian masal oleh salah satu kaisar di zamannya. Frühlingsmorgen im Han-Palast , Wikimedia Commons Dinasti Ming merupakan salah satu pemerintahan sukses dalam sejarah, kejayaan ini sejak tahun 1368-1644. Di tahun-tahun ini mereka menjadi dinasti adikuasa yang terkenal dengan ekspedisi laut menyaingi Christopher Columbus. Di zaman ini Ming sudah mencetak buku yang pada waktu itu mesin cetak belum ada di Eropa. Ada banyak gebrakan semenjak dinasti Ming menjelajah dunia, tetapi dibalik itu juga tersimpan kisah kelam di Kota Terlarang, Forbidden City. Kisah Ribuan Selir Kaisar Kaisar Ming pada waktu itu pernah m

Kisah Aladdin Berasal Dari China, Bukan 1001 Malam

Kisah Aladdin malam ternyata memiliki misteri yang luar biasa, dimana kisah didalamnya tidak sama dengan dokumen asli papirus Arab dari Mesir abad ke-8 M. Dongeng Aladdin yang kita saksikan versi Disney saat ini menggambarkan sosok bernuansa Arab. Tetapi fakta sejarah menjelaskan bahwa Aladdin, Ali Baba, dan Sinbad, tidak ada dalam kisah asli berbahasa Arab.  Menurut Arafat A Razzaque, seorang kandidat PhD sejarah dan budaya Timur Tengah di Universitas Harvard. Ada sebuah buku Persia yang tidak terkenal disebut Hazar Afsana atau 'A Thousand Stories' berasal dari teks Pali dan Sanskerta India kuno. Dan satu lagi, kisah yang sama dalam teks Cina Tripiṭaka abad ketiga. Darimana sebenarnya dongeng Aladdin ini? Dan sejak kapan kisah 1001 Malam diubah orientalis barat? Pada awalnya kisah asli ini ditulis dalam bahasa Arab berjudul Alf layla, pertama kali dicetak di India. Buku ini dikenal sebagai "Calcutta I" edisi tahun 1814-18, yang dikisahkan oleh Syaikh Aḥ

Lawrence of Arabia, Mata-Mata Inggris Yang Mendalangi Pemberontakan Arab

Lawrence of Arabia adalah intelijen Inggris yang berhasil menghancurkan kekuasaan Ottoman di tanah Arab melalui pemberontakan. Nama aslinya Kolonel Thomas Edward Lawrence, seorang arkeolog, perwira, diplomat, dan penulis asal Inggris. Lawrence dikenal dunia karena perannya dalam Pemberontakan Arab, Sinai dan Palestina, melawan Kekaisaran Ottoman selama Perang Dunia Pertama. Feisal party at Versailles Conference , Wikimedia Commons Sebagai intelijen Inggris, kegiatan dan asosiasinya sangat beragam masuk kedalam elemen sosial. Kemampuannya menggambarkan situasi sangat jelas dalam tulisannya, hingga dikenal dunia sebagai Lawrence of Arabia. Karena kesuksesannya ini, kisahnya diangkat ke layar lebar pada tahun 1962. Lawrence of Arabia Latar belakang Lawrence berasal dari keluarga yang moralnya rusak, dia adalah anak yang lahir di luar nikah. Ayahnya seorang tuan tanah Anglo-Irlandia, Thomas Chapman, saat itu dia memperkerjakan seorang pengasuh untuk menjaga anak perempuannya. Pen

Kapal Misterius Yang Dikutuk Berlayar Selamanya Tanpa Berlabuh

Legenda tentang kapal misterius Flying Dutchman telah banyak menginspirasi penulis, seniman sampai perfilman. Legenda ini pertama kali populer setelah dikenalkan dalam opera Wagner 1843. Dan kini, kisah kapal hantu muncul dalam film seperti Pirates of the Caribbean, serial kartun SpongeBob Square Pants, dan Scooby-Doo. Menurut kisah, banyak yang mengaku telah melihat kapal hantu Kapten Hendrick van der Decken sejak kapalnya tenggelam pada tahun 1641. Dia dan krunya dikutuk berlayar di lautan hingga hari kiamat.  Sebelum kita melanjutkan mitos kapal hantu Flying Dutchman. Ikuti channel ini dengan cara mengklik tombol subscribe dibawah video, klik lonceng, like video ini dan bagikan ke teman-teman Anda di sosial media. Kapal Misterius Flying Dutchman Dalam mitos ini dikisahkan, kapten van der Decken melakukan perjalanan berbahaya dari Belanda ke Far East Indies untuk membeli barang-barang seperti rempah-rempah, sutra, dan pewarna. Mereka membeli dan memuat seluruh barang

Kisah Romulus Dan Remus, Anak Kembar Yang Dibesarkan Serigala

Menurut legenda Romawi, kisah Romulus dan Remus adalah saudara kembar yang kisahnya telah mendirikan kota Roma dan Kerajaan Romawi. Keduanya adalah anak dari seorang yang mengaku perawan di Alba Longa. Dalam legenda ini diceritakan bahwa dewa Mars telah memberikan anak kembar kepada Rhea Silvia ketika berada di hutan suci. Dia adalah putri Numitor yang telah diusir oleh saudaranya, raja Amulius. Anak kembar ini dianggap ancaman bagi pemerintahan, sehingga raja memerintahkan agar keduanya dibunuh dan ditinggalkan ditepi sungai Tiber. Nasib baik berpihak pada si kembar, keduanya diselamatkan oleh Tiberinus, penjaga sungai. Mereka akhirnya diasuh oleh keluarga yang tidak biasa dan dibesarkan ditempat yang nantinya berdiri kota Roma. Kisah Romulus Dan Remus Dalam kisah, Romulus dan Remus disusui oleh serigala betina disebuah gua yang sekarang disebut Lupercal. Serigala ini ini nantinya menjadi simbol kota Roma dan penduduknya. Sampai suatu ketika, seorang gembala datang dan menga